Kamis, 16 Mei 2013

GERAK TIDUR PADA TUMBUHAN PUTRI MALU
Alat-alat yang dibutuhkan:
*      Pensil
*      Lidi/dupa
*      Korek api
*      Stopwatch
*      Bunga putri malu
CARA KERJA:
1.     Sentuh daun,tangkai daun, dan tankai percabangan putri malu menggunakan ujung pensil yang runcing, berapakah daun yang tertutup? Dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk kembali seperti semula?
2.    Lakukan hal yang sama pada putri malu tetapi menggunakan lidi/dupa yang menyala.
3.    Buatlah kesimpulannya menggunakan bahasa Indonesia.
-HASIL PENGAMATAN-
A.   Yang menggunakan ujung pensil.
- Pada daun: Daun yang tertutup adalah semuannya, lama putri malu membutuhkan waktu untuk membuka daunnya kembali adalah sekitar 4 menit.
- Pada tangkai daun: Daun yang tertutup adalah semua, lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka daunannya kembali adalah sekitar 6 menit.
- Pada tangkai percabangan : Semua daun pada 3 helaian daun, lama waktu yang dibutuhkan untuk membuka daunannya kembali adalah sekitar 8 menit.
B.    Yang di panaskan.
- Pada daun: Daun yang tertutup adalah semuannya daunnya menutup satu persatu, lama putrid malu membutuhkan waktu untuk kembali daunnya adalah sekitar 6 menit.
-      Pada batangnya: Batangnya akan terkulai lemas ketika dipanaskan waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke keadaan normal adalah 5 menit.


- KESIMPULAN -
Tumbuhan putri malu adalah tumbuhan yang sangat peka terhadap rangsangan.
Berbagai rangsangan yang diberikan (yaitu: sentuhan dan diberi hawa panas) kepada putri malu memberikan pengaruh pada perilaku tanaman ini. Perilaku yang ditimbulkan akibat diberi rangsangan yaitu menutupnya daun putri
malu. Waktu untuk menutupnya daun setelah diberi rangsangan sentuhan, lebih
singkat dibandingkan waktu untuk membukannya daun setelah diberi rangsangan yang lain. Rangsangan sentuhan merupakan rangsangan yang dapat diterima oleh
tumbuhan putri malu dengan peka. Rangsangan berupa rangsang sentuhan dan
rangsang suhu disebut nasti kompleks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar